Tuesday, May 23, 2023

Mengamati Kegiatan Politik Para Jenderal Purnawirawan

Para politikus sedang bersaing untuk mendapatkan dukungan dari kelompok Purnawirawan TNI dan Polri. Bahkan Presiden Jokowi juga terlibat dalam berbicara dengan Purnawirawan TNI/Polri di Istana Merdeka. Di sisi lain, Wakil Presiden keenam RI, Try Sutrisno, mengingatkan Jokowi untuk menghindari kesan adanya intervensi.

Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri (Pepabri) bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka pada hari Senin (22/5/2023). Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, serta Menteri Sekretaris Negara, Pratikno. Ketua Umum Pepabri, Jenderal (Purn) Agum Gumelar, hadir bersama dengan Letnan Jenderal (Purn) Doni Monardo dan mantan Kepala Kepolisian RI, Jenderal (Purn) Bambang Hendaro Danuri.


Dalam pertemuan antara Jokowi dan Pepabri, topik pemilu juga ikut dibahas. Agum menegaskan bahwa Pepabri tetap netral dalam pemilu. Namun, Agum mengakui bahwa setiap anggota Pepabri memiliki hak untuk terlibat dalam politik.

"Sebagai sebuah organisasi, kami harus tetap netral. Namun, sebagai individu, anggota organisasi ini memiliki kebebasan untuk memilih," kata Ketua Umum Pepabri, Jenderal (Purn) Agum Gumelar. 
Sebelum bertemu dengan Pepabri, Prabowo Subianto dari Partai Gerindra telah secara intensif berinteraksi dengan Purnawirawan.

Pada tanggal 15 Mei 2023, Prabowo secara khusus bertemu dengan Persatuan Purnawirawan Polri di Jakarta. Saat itu, Prabowo disambut oleh Ketua Umum PP Polri, Bambang Hendarso Danuri. Selain itu, dalam momen Lebaran, Prabowo juga melakukan silaturahmi dengan Laksamana (Purn) Widodo AS, kemudian bertemu dengan Try Sutrisno dan Wiranto.


Prabowo juga menghadiri reuni 14 ribu purnawirawan di Yogyakarta. Beberapa jenderal purnawirawan yang hadir antara lain mantan Panglima ABRI, Wiranto, dan mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Subagyo HS.

"Berapa kali kalah, dia masih ingin maju dalam Pilpres. Dia tidak tahu bahwa Prabowo Subianto adalah pejuang merah putih," kata Prabowo yang disambut oleh tepuk tangan meriah dari ribuan purnawirawan. Tokoh politik lainnya, seperti Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, juga menjalin silaturahmi dengan para jenderal.

Pada tanggal 20 Mei 2023, Cak Imin berkunjung ke Wakil Presiden keenam RI, Try Sutrisno. Cak Imin mengaku menerima banyak pesan dari salah satu tokoh senior TNI. Sementara itu, Try Sutrisno mengaku mendapatkan banyak informasi dari Cak Imin mengenai situasi pemilu.

Via : https://www.metrotvnews.com/play/N9nC6Axw-membaca-arah-politik-para-pensiunan-jenderal

No comments:

Post a Comment