Wednesday, August 2, 2023

Forum Diskusi Denpasar 12 Mempresentasikan Diskusi Daring tentang Tata Kelola Sampah Makanan Indonesia

Denpasar, Rabu, 02 Agustus 2023 - Forum Diskusi Denpasar 12 mengadakan acara diskusi Pangan dan Gizi dan sampah daring bertema 'Tata Kelola Sampah Makanan Indonesia' dengan tujuan mendorong kolaborasi antar pemangku kebijakan dalam mengatasi produksi sampah makanan di Indonesia. Acara ini dihadiri oleh sejumlah narasumber dan penanggap yang ahli di bidangnya.

Acara yang berlangsung secara daring melalui platform Zoom ini dibuka pada pukul 13:30 WIB dan resmi dimulai pada pukul 14.00 WIB hingga selesai. Drs. Muchtar Luthfi A. Mutty, M.Si, Staf Khusus Wakil Ketua MPR RI, menjadi moderator yang mengemban tugas untuk memandu jalannya diskusi.

Tata Kelola Sampah Makanan Indonesia

Pembukaan diskusi dimulai dengan pidato dari Wakil Ketua MPR RI, Dr. Lestari Moerdijat, S.S., M.M., yang menekankan pentingnya kolaborasi antar pemangku kebijakan dalam menangani produksi sampah makanan yang terus meningkat di Indonesia. Ia menyampaikan data dari kajian Bappenas dan sejumlah lembaga yang menunjukkan angka yang mengkhawatirkan, yaitu sekitar 23-48 juta ton sampah makanan yang dibuang setiap tahunnya pada periode 2000-2019 atau setara dengan 115-184 kilogram per kapita per tahun. Hal ini menjadi perhatian serius untuk bersama-sama mengatasi masalah ini.

Narasumber yang dihadirkan dalam diskusi ini adalah para ahli di bidangnya, yaitu:

  1. Dr. Drs. Nyoto Suwignyo, M.M. (Deputi II Bidang Kerawanan Pangan Dan Gizi, Badan Pangan Nasional)
  2. Rosa Vivien Ratnawati (Ditjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI)
  3. Prof. Dr. Dwi Andreas Santosa (Guru Besar Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor)

Diskusi tersebut juga didukung oleh penanggap yang memberikan tanggapan dan pandangannya mengenai isu sampah makanan, yaitu:

  1. Yessy Melania, S.E. (Anggota Komisi IV DPR RI)
  2. Khudori (Pegiat Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI)

Acara ditutup dengan kata sambutan dari Saur Hutabarat, seorang Wartawan Senior, yang merangkum inti dari diskusi dan memberikan pandangan menyeluruh tentang isu yang diangkat.

Forum Diskusi Denpasar 12 berharap diskusi ini akan menjadi langkah awal untuk menggerakkan tindakan konkret dan kolaboratif dalam mengatasi permasalahan sampah makanan di Indonesia. Melalui kerjasama antar pemangku kebijakan dan partisipasi aktif masyarakat, diharapkan dapat mengurangi produksi sampah makanan dan mencapai kelola sampah makanan yang lebih baik untuk masa depan Indonesia.

Baca juga : http://jogjaonline.my.id/diskusi-tata-kelola-sampah-makanan-di-indonesia/

No comments:

Post a Comment